Minggu, 29 Desember 2013

Produk Indonesia yang Mendunia

Ada yang meragukan bahwa produk Indonesia tidak bisa menembus pasar dunia. Meski persaingan dunia begitu ketat, rupanya ada sejumlah produk buatan indonesia yang mendunia, antara lain:
1.Polygon

Sepeda ini sudah tidak asing lagi di telinga kita semua, kita mungkin berpikir sepeda yang banyak neredar di pasaran ini luar negeri punya. Namun sebenarnya produk ini adalah produk asli Indonesia. Mulai dari sepeda gunung, mini, sampai dengan BMX semua tersedia. Dan kebanyakan komunitas sepeda juga memilih sepeda merk ini karena kualitasnya yang bagus. Pabrik Polygon diketahui ada di daerah Sidoarjo.


2.Polytron

Pabrik Polytron ternyata diketahui terletak di Kudus dan Semarang. Produk yang dihasilkan anatara lain mulai dari televisi, mesin cuci, kulkas, tape, dll. Kualitasnya juga sudah dijamin karena telah berpengalaman sejak tahun 1970-an.


3.Byon

Ternyata ada satu produk notebookasli Indonesia yang mampu bersaing dipasaran, namanya Byon. Produk ini terkenal murah karena tidak terkena pajak dan lainnya. Soal kualitas juga tidak kalah dengan buatan luar negeri karena berkonsep unik yaitu konsep notebook yang dapat di upgrade menjadi komputer desktop. Kehadiran Byon mampu membuktikan bahwa Indonesia juga mampu membuat teknologi canggih yang berkualitas.

4.Bodypack&eiger;

Biasanya kita selalu melihat bodypack dan eiger, disana ada bodypack pasti disana ada eiger pula. Karena produk ini masih satu induk dan berpusat di Bandung. Banyak juga turis yang menggunakannya. Perbedaan bodypac dan eiger mungkin lebih ke style dan modelnya.

5.Lea

Terkejut kalau Lea merupakan produk Indonesia? Walaupun iklan dan tokonya berbau Amerika, namun Lea merupakan produk asli Indonesia. Kualitasnya juga tinggi dan hampir ada di mall seluruh indonesia.

6.J.co Donuts&coffee

Kalau produk ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita karena mungkin kita sering mengkonsumsinya. Setiap mall di Indonesia mungkin ada, tak jarang kita mengira Jco Donuts merupakan produk luar negeri namun ini produk Indonesia yang pendirinya bernama Jhony Andrean. Jco mengandalkan Donuts dan coffee berkualitas Internasional dan cabangnya sudah tersebar ke seluruh Indonesia bahkan ke Filipina dan daerah Asia Tenggara lainnya.
7.California Fried Chicken

Walaupun namanya Amerika banget, California Fried Chicken buatan Indonesia dan perusahaan lokal. Sebelumnya namanya California Pioneer Chicken lalu berganti nama pada tahun 1988. Soal rasa juga tidak kalah, namun sekarang produknya kurang diminati dan kalah bersaing dengan ayam goreng lainnya

8.Indomie

Kalau produk ini pasti kesukaan orang Indonesia. Indomie juga sudah menembus pasar dunia dan telah dijual diseluruh dunia dengan harga yang tinggi. Mereka mengakui bahwa Indomie sangat enak dan varian rasanya banyak. Bahkan Indomie telah sampai ke Afrika. 

9.Kacang dua kelinci

Kacang 2 kelinci diam-diam telah menembus pasar dunia, bahkan telah menjalin berbagai kerjasama dengan perusahaan luar negeri, dan juga dengan real madrid.

10.BIN HOUSE

Perancang busana Josephine Komara atau dikenal Obin, adalah perancang busana papan atas Indonesia. Lewat butiknya yang bernama Bin House. Rancangan Obin telah merambah pasar dunia hingga Singapura, Jepang, Amerika Serikat, negara-negara Eropa, Hongkong Thailand dan Malaysia.

11.COCONA NATURAL HEALING

Bermula dari usaha pembuatan virgin coconut oil, PT. Trimatari Bio Persada Recovery, berekspansi memproduksi sejumlah produk spa dan kecantikan. Sekalipun usaha ini baru dimulai tahun 2008, produk cocona sudah diekspor ke luar negeri, contohnya ke Singapura, beberapa negara Eropa Timur, sampai ke Finlandia. Maklum saja, karena permintaan produk spa dari bahan alami di pasar global sangat tinggi. Inovasi Cocona yang memadukan virgin coconut oil dengan bahan-bahan alami berkhasiat lainnya, seperti kopi dan teh hijau, adalah salah satu pendukung kesuksesan di pasar global.

12.ESSENZA

Bagi yang belum tahu, merek keramik Essenza dikira buatan Italia. Padahal keramik yang terkenal dengan iklannya di televisi "no tile like it", asli buatan Indonesia yang sukses diekspor ke Italia, dan juga ke 25 negara. Essenza diproduksi PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk yang terletak di Tangerang, sejak tahun 2003. Merek keramik Essenza telah dikenal sebagai keramik berkualitas di Eropa. Kini, merek ini bahkan termasuk salah satu produsen ubin keramik dunia yang sanggup membuat keramik berukuran 60cm X 60cm.

13.MAGNO



Magno tergolong produk kreatif yang saat ini masih masih diupayakan diproduksi secara massal. Magno adalah radio kayu asli Indonesia buatan Singgih Susilo Kartono yang sudah menebar frekuensi sampai Jepang, Amerika Serikat, Finlandia, Inggris dan Prancis. Konsep yang disodorkan Magno sangat Unik. Lantaran produk di-finishing dengan minyak kayu, bukan pernis, pemiliknya harus rajin merawat radionya secara berkala agar tetap prima. Magno juga berkonsep mendayagunakan barang-barang daur ulang. Harga sebuah radio unik ini cukup mahal, berkisar 200-300 dollar AS, tapi peminatnya banyak.

14.OLYMPIC

Di Indonesia, merek furnitur yang satu ini sudah cukup tersohor. Tapi siapa sangka, ternyata bukan cuma di Indonesia, ternyata produk-produk furnitur Olympic yang juga memproduksi merek-merek Albatros, procella Olympia dan Audio Pro, telah diimpor hingga ke 100 negara.
Ciri khas furnitur Olyimpic adalah desainnya yang knock Down (bongkar pasang), berdesain simpel, dan harganya bersaing. Sejauh ini Olyimpic telah menyabet penghargaan seperti 28th International Award for the Best Trade Name (2004). 

15.RADIX GUITAR

Ide awalnya simpel tidak ada gitar profesional buatan Indonesia yang layak digunakan dalam show internasional. Namun pemikiran itu terus bergema di kepala Toien Bernadhie, sampai akhirnya mendirikan Radix Guitar. Berbekal bahan baku yang sebagian besar lokal, Toien mengurusi pemasaran dan distribusi sendiri ke negara-negara seperti Swedia Denmark, Inggris, Yunani, Swis, Kanada, Australia, Singapura dan Malaysia. Untuk menarik pembeli, Toien memberi tips: buatlah 1 produk yang desainnya disesuaikan dengan content dan budaya buyer internasional. Misalnya, dicantumkan slogan "Carefully handcrafted individually selected and personally inspected"..


Sumber: http://mchoyaza.blogspot.com/2013/01/info-15-produk-buatan-indonesia-yang.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar